Profile Pondok Pesantren

Segala puji bagi Allah Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang, yang telah memberikan banyak kenikmatan kepada para hamba-Nya baik hamba-hamba-Nya yang taat atau pun hamba-hamba-Nya yang selalu meninggalkan perintah-perintah-Nya. Sungguh kasih sayang Allah I sangat besar sehingga layaklah bagi para hamba-Nya untuk selalu bersyukur kepada-Nya dengan menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

 

Sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi agung, penutup para nabi yaitu nabi Muhammad r yang telah mengemban risalah Allah I untuk disampaikan kepada segenap umat manusia. Melalui beliaulah kita mengenal arti kehidupan, melalui beliaulah kita mengenal keindahan Islam, melalui beliaulah kita dapat mengungkapkan rasa cinta kita kepada Sang Kholiq dengan hanya beribadah kepada-Nya, melalui beliualah kita bisa mengetahui cara berbakti kepada orang tua kita, melalui beliaulah kita dapat bergaul dengan cara yang biak terhadap para ‘ulama dan para umaro, serta melalui beliualah kita dapat mengetahiu cara membangun masyarakat yang adil dan beradab.

 

Pendidikan pesantren dikenal sebagai pendidikan moral anak bangsa di mana hal itu merupakan pilar kemakmuran dan kemajuan suatu bangsa. Bangsa yang mempunyai moral yang rendah maka akan banyak terjadinya kekacauan, ketidak amanan, kerusakan serta lambat laun akan mengalami kehancuran. Hal ini karena rakyat tidak mempercayai pemimpinnya serta membenci meraka, demikian pula pemimpin akan menindas rakyatnya dan berbuat sewenang-wenang serta semaunya. Masyarakat melakukan tindakan-tindakan yang diluar kontrol, demikian pula para pemimpian melakukan tindakan atas kemauannya sendiri, maka ditemukan banyak pembunuhan, pemerkosaan, pencurian, perampokan, perjudian, korupsi merajalela.  Hal ini di sebabkan moral meraka yang rendah sehingga kehidupan meareka seperti layaknya kehidupan rimba yang kuat memakan yang lemah serta tidak ada aturan di dalamnya. Sebaliknya masyarakat yang bermoral akan menciptakan suasana yang baik dalam kehidupan bernegara yang saling tolong-menolong, sifat malu berbuat dosa, serta tekat kuat untuk bersama-sama membina bangsa yang beradab. Yang miskin mempunyai motivasi yang tinggi serta etos kerja yang kuat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dengan rasa yang telah tertanam pada dirinya yaitu sifat malu untuk meminta-minta. Yang kaya mempunyai kepedulian terhadap yang kurang mampu, para pemimpin akan merekrut para pegawai yang sesuai dengan kompe

Gambaran Umum

Istilah K3 adalah istilah yang cukup populer di masyarakat indonesia, khususnya yogyakarta. K3 adalah singkatan dari nama tiga daerah yang merupakan basis keislaman di Kota Yogyakarta, yaitu Karangkajen, Kauman dan Kotagede. Di daerah Karangkajen inilah, Tokoh Pendiri Muhammadiyyah KH.Ahmad Dahlan dimakamkan. Pada saat terjadi pemberontakan PKI, Karangkajen dijadikan salah satu daerah di Yogyakarta sebagai basis perlawanan terhadap Partai Komunis anti Islam tersebut. Dengan berjalannya waktu dan wafatnya para tokoh agama, seakan Karangkajen kehilangan generasi penerus sehingga para pemudanya mulai jauh dari nilai-nilai agama. Hal ini tentunya menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi para generasi tua yang merupakan pelaku sejarah zaman keemasan karangkajen.

Masyarakat karangkajen yang dipelopori oleh keluarga Bpk. H. Harun kemudian mempunyai ide untuk mendirikan sebuah pondok pesantren. Dengan dukungan dari Jama’ah Pengajian Sabtu Pagi Karangkajen, akhirnya disepakati dibangunnya pondok pesantren tahfizh Al-Qur’an pada tahun 2008. Pada Tanggal 2 Desember 2009 diresmikanlah Pondok Pesantren yang saat itu diberi nama Mamba’ul Qur’an. Dengan berjalannya waktu, karena mengingat peran besar dari keluarga Bpk.H.Harun dan keluarga besar Bpk. H. Asy-Syafi’i yang merupakan ayahanda dari Bpk. H. Harun , akhirnya disepakati nama Pondok Mamba’ul Qur’an dirubah menjadi Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Harun Asy-Syafi’i.

Biografi Singkat Pengasuh

Pesantren Harun Asy-Syafi’i saat ini diasuh oleh KH. Moh. Ulin Nuha. Beliau dilahirkan di Kota Kudus, tanggal 19 September 1976. Di tanah kelahirannya, beliau memulai dalam menuntut ilmu Al-Qur’an dan cabang ilmu keagamaan lainnya. Selanjutnya beliau pindah ke Wonosobo untuk lebih memperdalam ilmu Al-Qur’annya. Pada tahun 1999, beliau mendapat panggilan beasiswa untuk belajar di Kota Nabi, Madinah Saudi Arabia. Untuk lebih menguatkan kemampuannya di bidang Al-Qur’an beliau mengambil Fakultas Al-Qur’an.

Di Kota Madinah ini, beliau tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengeruk ilmu dari para ulama di Masjid Nabawi. Beliau mendatangi Syaikh Sayyid Lasyin yang merupakan pengajar Al-Qur’an Masjid Nabawi. Di bawah asuhan Syaikh Sayyid Lasyin inilah beliau mendapatkan sanad Al-Qur’an riwayat Hafsh dan Syu’bah. Pada tahun 2003 beliau pulang ke Indonesia dan selanjutnya dipercaya untuk mengajar Al-Qur’an di PP. Taruna Al-Qur’an. Ketika Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Harun Asy-Syafi’i berdiri tahun 2009, beliau dipercaya untuk mengasuh pondok ini.

 

Struktur Organisasi

  1. Struktur Organisasi Yayasan Harun Asy-Syafi’i

Ketua Yayasan            : Ir. Agus Satriyo

Sekretaris Yayasan     : dr. H. Dalali Arie Widiyarto

Bendahara Yayasan    : Ibu. Hj. Farida

 

  1. Struktur Organisasi Tahfidz Al-Qur’an Harun Asy-Syafi’i

Pesantren Harun Asy-Syafi’i untuk saat ini mempunyai stuktur organisasi inti sebagai berikut,

Penasehat                                : dr.H Lutfan Budi Utomo, Sp. PD. M.Kes

Pengasuh Pondok                    : KH. Mohammad Ulin Nuha, S.Pd.I, M.S.I

Kesantrian                               : Ust. Ulul Azmi Basa

Sekretaris                                : Ust. Sulaiman, S.Pd.I

Bendahara                               : Ust. Gugi Isworo

Kepala Program Pendidikan   : Ust. Lukman Nulhakim, S.Pd., M.M

Susunan Kepengurusan

SUSUNAN KEPENGURUSAN YAYASAN

HARUN ASY-SYAFI’I

 

KETUA YAYASAN

Ir. Agus Satriyo

SEKRETARIS

dr. H. Dalali Arie Widiyarto

BENDAHARA

Ibu. Hj. Farida

 

SUSUNAN KEPENGURUSAN  PONDOK PESANTREN HARUN ASY-SYAFI’I

PENASEHAT

dr.H Lutfan Budi Utomo, Sp. PD. M.Kes

PENGASUH PONDOK

KH. Moh Ulin Nuha, S.Pd.I, M.S.I

KESANTRIAN

Ulul Azmi Basa

BENDAHARA

Gugi Iswara

SEKRETARIS

Sulaiman, S.Pd.I

 

Visi & Misi

  1. Visi

“Menjadi salah satu lembaga berbasis Al-Quran terbaik di Indonesia yang melahirkan kader ulama yang cendekia dan cendekiawan yang alim”

  1. Misi
    1. Menyelenggarakan halaqah Al-Quran
    2. Menyelenggarakan pengajaran bahasa arab & diniyah
    3. Menyelenggarakan pengajaran materi umum & praktek
    4. Menyelenggarakan dauroh peningkatan kualitas keilmuan agama
    5. Menyelenggarakan kursus peningkatan kualitas pelajaran umum
    6. Melakukan pemantauan ibadah dan adab keseharian santri
    7. Meningkatan kualitas SDM kependidikan dan non kependidikan
    8. Mengelola unit usaha untuk menopang operasional Madrasah secara mandiri
    9. Menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta untuk pengembangan kualitas santri, guru, dan Madrasah
    10. Menjalin kerjasama dengan masyarakat untuk keberkahan Madrasah dan Kampung sekita

Data Pengajar

  1. DATA ASATIDZAH PONDOK
NO NAMA
1 UST. ULIN NUHA
2 UST. ULUL AZMI
3 UST. SOLEMAN
4 UST. LUKMAN NULHAKIM
5 UST. GUGI ISWARA
6 UST. SANGGA
7 UST. ZULFAN HASDIANSYAH
8 UST. MUHAMAMD ABROR
9 UST. IRSYAD
10 UST. SUDIRMAN
11 UST. MUKHLIS MUZAKKI
12 UST. EDEL HABI BULLAH AL-AUFA
13 UST. GILMAN
14 UST. AMMAR
15 UST. DENI PRASETYO
16 UST. MAS DENI
17 UST. RAJA
18 UST. JA’FAR
19 UST. AJI
20 UST. AZIZ
21 UST. ROYYAN
22 UST. IQBAL
23 UST. SLAMET
24 UST. SUHARTONO
25 UST. LUKMAN (TAMTAMA)
26 UST. SAMSUL MUARIPIN
27 UST. PUJI LAKSONO
28 PAK FITRI
29 UST. FIKHI TAUFIQURRAHMAN

 

  1. DATA ASATIDZAH PENGABDIAN
NO NAMA
1 ABADAN DESKY
2 ABDULLAH AL FADHIL
3 ABU ZAR GHIFARI
4 AHMAD FAJRUL FALAH
5 AHMAD NAUFAL KAMALUL ILMI
6 ARPINDI ABDUL ROCHMAN
7 DAFFA AFIF ALDZAKY
8 DARINDRA YOGA NURUTAMA
9 FAHDULLOH AMAR FITYAN
10 HAFIDZ ALI ABDUL MAJID
11 ILHAM FAUZAN ASROR HADI
12 ILYAS ABDURRAHMAN
13 KHOLISH HIZBULLOH FATAH
14 MALIK ILHAM MAHMUD
15 MUHAMMAD ABRAR RABBANI WYANDA
16 MUHAMMAD AUSHAF RAKAN
17 MUHAMMAD DYKI PRATAMA RAMUD
18 MUHAMMAD LUQMAN HAKIM
19 MUHAMMAD NAUFAL ASSIDIQI RISWAN
20 MUHAMMAD ZAKI SYAHIDAN
21 MUHAMMAD ZEYYID SHALUHAN
22 RIBBIY ABDULLAH
23 SALMAN ALFARISI
24 SYAHRIZAL RIZKI ABDILLAH
25 USMAN ABDUL GHONI
26 YASIR
27 ZAID BIN AMIN
28 ZAMAHSYARI
29 ZUHAIR ROZAN AL JAWAD

 

 

  1. DATA GURU
NO NAMA MENGAJAR KELAS
1 Hasan Agus Sadana 1.      SHOROF

2.      KHOT

3.      PPKN

8

7

9, 12

2 Arif Suwarto, S.Pd B. INGGRIS SMP 7,8,9
3 Drs. Birdan Latief FISIKA 10,11,12
4 Drs. Slamet Basuki 1.      IPS

2.      SEJARAH INDONESIA

9

12

5 Faizar Rizky Shilnady, S.Pd BAHASA ARAB 7
6 Heri Sutrisno, S.Pd B. INDONESIA 10,11,12
7 Iqbal Mubarok, S.Hum BAHASA ARAB 9,12
8 Khoirul Huda, M.Pd MATEMATIKA 7,8,10,11
9 Muhammad Hatami, S.H FIQIH 9, 10
10 Pandu Ridzaniyanto, S.Pd KIMIA 10,11,12
11 Suratno, BA 1.      SKI

2.      BAHASA ARAB

9,12

8

12 Teguh, S.Pd 1.      NAHWU

2.      AQIDAH AKHLAK

3.      FIQIH

8

9

7,8

13 Ismail, S.Pd

 

BAHASA INGGRIS SMA 10,11,12
14 Hanifan, S.Pd BAHASA INDONESIA 7,8,9
15 Rachmad Adi Wijaya, S.Pd IPA 7,8,9
16 Puji Laksono, S.Pd FIQIH 11,12
14 Iguh Wicaksono, BA USHUL FIQIH 10
15 Mirfan Wahyu Hidayat, S.Pd TAUHID 8
13 Zulfan Hasdiansyah, BA 1.      BAHASA ARAB

2.      IMLA’

11

10

14 Moh. Ulin Nuha, M.S.I 1.      TAFSIR

2.      ILMU TAFSIR

10,11

11

15 Sangga Purwadita SHOROF 7
16 Ulul Azmi Basa HADIST 11
17 Sulaiman, S.Pd.I AL-QUR’AN HADIST 9,12
18 Edel Habi Bullah Al Aufa TAJWID 10
19 Mohammad Abror Mushodaq TAJWID 7
20 Randy, S.Pd BIOLOGI 10,11,12
21 Lukman Nulhakim, S.Pd., M.M 1.      MATEMATIKA

2.      EXTRA ROBOTIK

9, 12
22 Agus Tisna EXTRA SILAT
23 Restu Agung Fadilah EXTRA B. ARAB
24 Saiful Fajar Sodiq EXTRA QIROAH
25 Sodikin Sodaris, S.Pd EXTRA PANAHAN
26 Zainuruddin Isnainy, ST EXTRA KEMPO
27 Edi Sastrawijoyo, S.Kom EXTRA KOMPUTER
28 Senpai Agung EXTRA KEMPO